gudegyudjum.co.id

Obat Gangguan Kecemasan di Apotik – Kecemasan adalah rasa gelisah, rasa ketidakkaruan, rasa ketidakpastian, rasa was was, rasa yang serba salah, rasa yang siapapun tidak ingin memilikinya. Kecemasan bisa saja terjadi karena banyak hal. Apalagi zaman sekarang ini, kecemasan tidak hanya dialami oleh orang tua saja tetapi juga anak muda. Tidak punya pacar merasa cemas, tidak punya uang merasa cemas, teman lebih cantik atau tampan dari dia juga merasa cemas. Untuk menghilangkan rasa cemas tersebut, kita butuh obat. Kali ini kita akan membahas obat gangguan kecemasan di apotik.

Cemas pada hakikatnya merupakan respon normal sebagai salah satu bentuk mengekspresikan diri pada suatu hal. Sayangnya, tidak semua orang bisa dengan bijak mengatasi rasa cemas yang sedang dialaminya hingga lama kelamaan terakumulasi menjadi gangguan kecemasan (Anxiety Disorder).

Dalam beberapa kasus gangguan kecemasan (Anxiety Disorder),  dapat mengganggu, merugikan dan membuat penderita sulit untuk bersosialisasi  karena terkesan menjaga jarak, dan cenderung tertutup. Pada akhirnya berdampak buruk sebagai manusia yang sejatinya termasuk makhluk sosial.

Jenis Gangguan Kecemasan  (Anxiety Disorder)

  • Gangguan kecemasan umum GAD (Generalize Anxiety Disorder)
  • Gangguan kecemasan sosial SAD (Social Anxiety Disorder)
  • Gangguan panik (Panic Disorder)

Fobia spesifik: kecemasan atau ketakutan terhadap suatu hal yang spesifik (intens) misal : pada hewan tertentu yang menyebabkan orang tersebut menghindari sumber ketakutan tersebut.

Gejala Gangguan Kecemasan  (Anxiety Disorder)

Menurut direktur Anxiety and Stress Disorder Institute of Maryland, Sally   Winston, PsyD berpendapat bahwa “Perbedaan antara gangguan kecemasan (Anxiety Disorder) dengan kecemasan normal adalah gangguan kecemasan membuat orang menderita dan mengalami disfungsi”.

Orang-orang dengan gangguan kecemasan umum (Generalize Anxiety Disorder) GAD membuat penderitanya cemas terus-menerus mulai dari hal kecil yang remeh sampai hal yang besar dan rumit di setiap hari sekitar enam bulan disertai dengan gejala kelelahan.

Orang-orang dengan gangguan panik (Panic Disorder) yaitu berkeringat, nyeri dada, palpitasi (jantung berdetak dengan kuat, cepat dan tidak teratur), seperti mengalami serangan jantung dan perasaan seperti tersedak. Bisa kambuh dimana saja tanpa mengenal waktu dan rata-rata berlangsung dari beberapa menit sampai satu jam lebih.

Orang-orang dengan gangguan Fobia adalah perasaan khawatir dan ketakutan yang irasional jika berhadapan atau sedang dalam situasi tertentu berkaitan dengan hal yang menyebabkan fobia.

Penyebab Gangguan Kecemasan (Anxiety Disorder)

Faktor penyebab gangguan kecemasan oleh Freud (Dalam Calvin S. Hall, 1993) membedakan kecemasan menjadi 3 macam, yaitu:

Kecemasan neurotic (Neurotic Anxiety)

Kecemasan yang berkaitan erat dengan mekanisme pembelaan diri bisa juga disebabkan perasaan bersalah atau berdosa, konflik-konflik emosional yang serius, frustrasi, serta ketegangan-ketegangan batin.

Kecemasan moral (Anxiety of moral conscience)

Kecemasan yang timbul akibat dari rasa takut akan suara hati, pernah melakukan kesalahan moral atau norma di masa lalu dan bisa di hukum lagi (jika kembali dilakukan).

Kecemasan realistic (Realistic Anxiety)

Kecemasan dari rasa takut akan bahaya-bahaya nyata di dunia luar, misalnya takut pada hewan buas.

Tjakrawerdaya (1987)

Kecemasan (anxietas) adalah efek atau perasaan tidak menyenangkan berupa ketegangan, rasa tidak aman dan ketakutan yang timbul karena dirasakan akan terjadi sesuatu yang mengecewakan tetapi sumbernya sebagian besar tidak disadari oleh yang bersangkutan.

Penyembuhan Gangguan Kecemasan (Anxiety Disorder)

Gangguan Panik

Penyembuhan untuk gangguan panik adalah psikoterapi dan terapi perilaku kognitif (Cognitive-Behavioral Therapy atau CBT), melakukan relaksasi, mendengarkan musik .

Gangguan Kecemasan Sosial

Penyembuhan untuk gangguan ini bisa ditempuh dengan cara terapi perilaku kognitif, psikoterapi, mengatasi dan melawan rasa takut pada diri sendiri, mengunjungi tempat yang membuat tenang dan relaks.

Gangguan Kecemasan Umum  

Penyembuhan untuk gangguan kecemasan ini bisa ditempuh dengan cara pendekatan hipnoterapi seperti terapi sugesti.

Siapapun sah-sah saja memiliki rasa cemas, namanya juga hidup pasti tidak akan mulus-mulus saja. Apalagi jikaAnda baru saja mencoba cara menggugurkan kandungan dengan obat penggugur kandungan misoprostol pasti akan melalui masa cemas ini. Tetapi jika rasa cemas itu sudah berlebihan, itu dinamakan gangguan dan bukan hal yang lumrah lagi terjadi. Kadang kala kita terlalu cemas bahkan dengan hal-hal yang biasa-biasa saja dalam arti kata masih bisa diatasi. Gangguan kecemasan atau sering disebut dengan anxiety disorder adalah rasa cemas yang sering dan sangat berlebihan dan dapat menyebabkan terganggunya aktifitas sehari-hari, jadi kita tidak bisa berbuat apapun termasuk dalam melakukan pekerjaan atau tugas-tugas kuliah atau lain halnya dengan rutinitas kita sehari-hari. Kalau sudah mengalami gangguan kecemasan itu wajib diobati atau dilakukan pencegahan agar tidak menjadi semakin buruk.

Banyak obat diapotik yang bisa kita beli dan harus sesuai dengan resep dokter untuk mengatasi gangguan kecemasan, adapun diantaranya :

Vitamin B

Vitamin B ini sangat berperan dalam menghasilkan zat-zat kimia otak yang jelas sangat berpengaruh pada suasana hati, karena kita tahu bahwa otak lah yang mengendalikan segala fungsi dalam tubuh kita. Bayangkan kalau kita kekurangan vitamin b, suasana hati jadi tidak menentu, sangat jelas sekali, suasana hati sangat berpengaruh pada rasa cemas. Jadi vitamin b ini adalah salah satu obat gangguan kecemasan di apotik yang sangat mudah didapat.

Alprazolam

Alprazolam adalah obat penenang untuk masalah kegelisahan dan juga memiliki efek antidepresan. Obat ini bekerja lebih optimal dan cepat dalam menghilangkan gejala cemas dibandingkan obat yang lainnya. Tapi selalu ingat, konsumsi obat ini harus dengan resep dokter, agar tidak kecanduan ataupun berdampak buruk bagi sipengguna. Efek samping dari penggunaan obat ini secara berlebihan adalah gangguan pernapasan yang dapat membahayakan jiwa sehingga bahkan bisa memicu keinginan untuk bunuh diri.

Zoloft

Sama seperti obat gangguan kecemasan diapotik lainnya, zoloft juga merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi kecemasan, kegelisahan, kepanikan yang berlebihan. Zoloft tergolong kedalam obat sertraline banyak juga diantaranya nudep, deptral, fatral dan sebagainya yang juga memiliki kegunaan yang sama. Untuk menghindari penyalahgunaan dalam mengkonsumsi obat semacam zoloft ini, wajib bagi si penderita menentukan dosis yang akan dikonsumsi sesuai dengan yang disarankan dokter yaitu untuk dewasa 25 – 50 mg per hari , dosis maksimum 200 mg per hari.

Demikian beberapa obat gangguan kecemasan diapotik yang dapat membantu rasa kecemasan yang berlebihan. Selalu diingat bahwa apabila mengkonsumsi suatu obat wajib bagi si pengguna untuk tahu dosis yang akan di pakai pastinya sesuai dengan resep dokter. Karena itu penting untuk kesembuhan si pengguna. Kita juga harus memingat bahwa tidak hanya dengan obat saja tapi juga harus dibarengi dengan doa, sehingga kesembuhan untuk apapun penyakit yang kita derita cepat berlangsung. Amin!